- Akses ke informasi jarak jauh.
- Komunikasi orang-ke-orang.
- Interaktif hiburan.
- Electronic commerce.
Tipe lain dari komunikasi
orang-ke-orang sering disebut dengan nama komunikasi peer-to-peer, untuk
membedakannya dari model client-server (Parameswaran et al, 2001.). Dalam
bentuk ini, individu-individu yang membentuk kelompok dapat berkomunikasi
dengan orang lain dalam kelompok. Setiap orang pada prinsipnya dapat
berkomunikasi dengan satu atau lebih orang lain, tidak ada pembagian tetap
menjadi klien dan server.
Kategori lainnya adalah perdagangan
elektronik dalam arti luas. Belanja online sudah populer dan memungkinkan
pengguna untuk memeriksa katalog on-line dari ribuan perusahaan. Beberapa
katalog ini segera akan memberikan kemampuan untuk mendapatkan video instan
pada produk apapun dengan hanya mengklik nama produk. Setelah pelanggan membeli
produk elektronik tetapi tidak tahu bagaimana menggunakannya, on-line dukungan
teknis dapat dikonsultasikan.
Daerah lain di mana e-commerce sudah
terjadi adalah akses ke lembaga keuangan. Banyak orang sudah membayar tagihan
mereka, mengelola rekening bank mereka, dan menangani investasi mereka secara
elektronik. Ini pasti akan tumbuh sebagai jaringan yanglebih aman.
PENERAPAN JARINGAN KOMPUTER DALAMPERBANKAN
- Resource Sharing
Dapat menggunakan sumberdaya yang
ada secara bersama-sama.
Misal: seorang pengguna yang berada
100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan
data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering
diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
- Reliabilitas tinggi
Dengan jaringan komputer kita akan
mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif
persediaan.
Misal: Semua file dapat disimpan
atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan.
Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa
digunakan.
- Menghemat uang
Komputer berukuran kecil mempunyai
rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar.
Misal: Komputer besar seperti
mainframe memiliki kecepatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer
kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari
komputer
pribadi. Ketidakseimbangan rasio
harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk
membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.
- Cepat dan Efisien
Jaringan komputer memungkinkan
proses pengiriman data berlangsung dengan cepat dan efisien.
Misal: Pengiriman surat tidak perlu
lagi menggunakan kertas yang dikirimkan dan sampainya dalam waktu berhari-hari,
cukup dengan menggunakan email yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.
- Real Time
Jaringan komputer bisa memudahkan
seseorang berkomunikasi dengan orang lain dengan komunikasi melalui pesan teks,
gambar, audio dan video secara langsung atau real time.
0 komentar:
Posting Komentar